bagi masyarakat Indonesia, TAKJIL mengarah pada jenis makanan kecil untuk berbuka puasa. Meski arti sebenarnya adalah "menyegerakan (berbuka)."
: 2 porsi
Bahan :

* 100 gr Spaghetti, patahkan jadi dua
* Air secukupnya
* 1 sdm Olive oil
* ½ sdt Garam
* Keju parut secukupnya

Bahan Saus :

* Olive oil, untuk menumis
* 1 butir Bawang bombay (ukuran sedang), kupas + rajang
* 200 gr Daging sapi cincang
* 4 sdm Saus tomat
* Oregano secukupnya
* 2 sdm Gula
* ¾ sdt Garam
* Lada halus secukupnya

Cara Buat :

1. Rebus spaghetti + air + olive oil + garam, hingga spaghetti matang (api sedang). Angkat + tiriskan. Campur lagi dengan olive oil + aduk, sisihkan.
2. SAUS BOLOGNESE : Tumis bawang bombay + olive oil hingga agak layu. Masukkan daging sapi cincang, aduk. Beri saus tomat + oregano + gula + garam + lada halus, aduk. Tambahkan olive oil bila saus dirasa terlalu kering. Masak hingga matang, angkat.
3. PENYAJIAN : Tata spaghetti di wadah saji. Tambahkan saus bolognese di atasnya + taburi keju parut. SIAP DEH ! ^__^

Pertama kali icip spaghetti bolognese enak itu yang ala mbSih (ART saat di cinere). Eh ternyata bikinnya simple lho. Ngga pake ribet + no MSG pula (kecuali kandungan saos tomat dari pabriknya ya). Cocok deh untuk menu si kecil :D

Untuk cek spaghetti sudah matang/belum, setelah 10 menit direbus, coba ambil 1 dan cicipi. Tips agar spaghetti bisa gurih adalah dengan mencampur olive oil + garam saat merebusnya. Setelah ditiriskan, kembali dicampur olive oil agar spaghetti tidak lengket. Yang khas dari saus bolognese adalah campuran saus tomat + oregano nya. Apalagi plus keju parut. Nyamm!!

SELAMAT MENCOBA ! (ˆoˆ)/
share disini yah hasil praktek resepnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave A Reply