bagi masyarakat Indonesia, TAKJIL mengarah pada jenis makanan kecil untuk berbuka puasa. Meski arti sebenarnya adalah "menyegerakan (berbuka)."
July 8, 2015
: 24 buah
Bahan :

* 200 gr Gula
* 3 butir Telur
* 1 sdt Ovalett
* 1 sachet SKM (putih)
* 200 cc Air
* 250 gr Terigu
* Essence (durian + melon/pandan + strawberry)

Cara Buat :

1. Oles bagian dalam cetakan bunga dengan minyak (bisa menggunakan kain/tisu makan yang dicelup minyak). Sisihkan.
2. Mixer gula + telur + ovalett dengan kecepatan tinggi, hingga mengembang (agak berbusa) sekitar 1 menit.
3. Turunkan kecepatan mixer menjadi sedang. Tambahkan SKM (yang telah dicairkan dengan 200 cc Air) sedikit2x.
4. Masukkan terigu sedikitx sambil terus di'mixer. Hentikan begitu adonan sudah halus.
5. Bagi adonan menjadi 3 wadah. Beri masing2x wadah sebanyak 6 tetes essence (1 wadah = 1 essence). Aduk rata (jangan belang).
6. Ambil satu cetakan, tuangkan ½ sendok sayur untuk masing2x warna secara berurutan (ada 3 warna adonan dalam 1 cetakan). Ulangi hingga adonan habis.
7. Pindah ke dandang, kukus selama 20 menit (api sedang). Angkat + keluarkan dari cetakan, lalu sajikan. SIAP DEH ! ^__^

Nama kerennya sih "Bolkus Bunga Pelangi". Bisa bunga mawar atau yang lain (tergantung stok cetakan, xixi). Resep asli ada disini.
Hasil adonan akhir sebelum diberi warna adalah kental mirip adonan mentah terangbulan. Karena itu meski berbeda warna, adonan tidak mencampur.
Mengolesi cetakan dengan minyak cukup 1x saja, dan cetakan bisa digunakan berulang kali (catatan : dalam kondisi hanya ada sedikit cetakan + dandang kecil sehingga hanya bisa sedikit wadah untuk sekali kukus.
Tadi setelah 20 menit pertama, bolkus yang telah matang aku ambil pakai capit, dan wadah cetakan gelombang berikutnya aku masukkan untuk dikukus 20 menit ke depan (tanpa perlu mematikan kompor).

Oh ya, jangan lupa bungkus dahulu tutup dandang dengan serbet sebelum digunakan untuk mengukus, supaya tetesan uap tidak membasahi bolkus.

SELAMAT MENCOBA ! (ˆoˆ)/
share disini yah hasil praktek resepnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave A Reply